Ilmu Komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam telah terakreditasi "B" sesuai dengan Keputusan Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi Nomor 6069/SK/BAN-PT/Ak.PEPS/S/IX/2022
Tujuan Pendidikan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dan terampil dalam bidang ilmu komunikasi dengan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan tren komunikasi.
- Mendorong dan menghasilkan penelitian inovatif di bidang Public Relations, Media, dan Desain Komunikasi Visual yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, industri, dan masyarakat.
- Menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang relevan dan berdampak positif, yang memanfaatkan keahlian di bidang Public Relations, Media, dan Desain Komunikasi Visual untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah komunikasi di masyarakat.
- Membangun dan memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk industri, pemerintah, dan lembaga akademik lainnya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan akseptabilitas lulusan Ilmu Komunikasi
Visi
Menjadi salah satu Program Studi Ilmu Komunikasi terkemuka di Provinsi Kepulauan Riau dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa dengan nilai kemandirian dan profesional di tahun 2028.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan sarjana Ilmu Komunikasi yang mandiri dan profesional dalam memecahkan masalah sosial dalam masyarakat.
- Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu komunikasi guna mendorong penciptaan kesejahteraan masyarakat sebagai wujud sumbangsih bagi bangsa dan negara.
- Menyelenggarakan kegiatan pengembangan kompetensi diri mahasiswa dalam menghadapi persaingan profesionalisme di era globalisasi.
- Menyelenggarakan kerjasama dengan institusi dan perguruan tinggi lain untuk meningkatkan daya saing global.
Kompetensi Lulusan
- Mampu menganalisis masalah komunikasi dengan pendekatan kritis dan solusi kreatif yang berdasarkan penelitian dan data serta beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi dan tren di bidang ilmu komunikasi, serta memanfaatkan inovasi untuk pengembangan strategi komunikasi.
- Mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang Public Relations, Media, dan Desain Komunikasi Visual yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan serta menghasilkan karya ilmiah dan inovatif yang dapat diaplikasikan untuk memecahkan masalah-masalah komunikasi di masyarakat.
- Memiliki kemampuan untuk berkontribusi secara aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggunakan keahlian di bidang Public Relations, Media, dan Desain Komunikasi Visual dengan memberikan solusi komunikasi yang efektif untuk masalah-masalah sosial.
- Memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi yang baik untuk bekerja secara efektif dalam tim multidisiplin dan lingkungan multicultural serta mampu membangun dan memelihara jaringan profesional dengan berbagai pihak
Prospek Karier
Profile Lulusan |
Job tittle / Prospek Karir |
Praktisi Komunikasi |
|
Konsultan komunikasi |
|
Enterpreneur komunikasi |
|
Peminatan : Public Relations dan Broadcasting
Beban Studi : 146 sks
Masa Studi : 3,5 tahun (7 Semester)
Gelar : Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)
No |
Mata Kuliah |
---|---|
1 | Pengantar Sosiologi |
2 | Pengantar Teknologi Informasi |
3 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
4 | Pengantar Manajemen |
5 | Komputer Aplikasi |
6 | Pengantar Antropologi |
7 | Pengantar Jurnalistik |
8 | Pengantar Ilmu Komunikasi |
9 | Komunikasi Bisnis |
10 | Bahasa Indonesia |
11 | Psikologi Komunikasi |
12 | Pengantar Ilmu Politik |
13 | Pengantar Hubungan Masyarakat |
14 | Pengantar Periklanan |
15 | TOEIC Preparation |
16 | Pendidikan Agama |
17 | Statistik Deskriptif |
18 | Sosiologi Komunikasi |
19 | Teori Komunikasi |
20 | Jurnalistik Media Cetak |
21 | Komunikasi Politik |
22 | Desain Grafis |
23 | Teknik Menulis Berita |
24 | Manajemen Hubungan Masyarakat |
25 | Statistik Probabilitas |
26 | Protokoler dan MC |
27 | Komunikasi Lintas Budaya |
28 | Public Speaking and Presentations |
29 | Komunikasi Massa |
30 | TOEFL Preparation |
31 | Metodologi Penelitian |
32 | Filsafat Komunikasi |
33 | Komunikasi Periklanan |
34 | Komunikasi Pembangunan |
35 | Audio Visual |
36 | Jurnalistik Online |
37 | Fotografi |
38 | Komunikasi Pemasaran Terpadu |
39 | Hubungan Media |
40 | Jurnalistik Televisi |
41 | Komunikasi Organisasi |
42 | Metode Penelitian Komunikasi |
43 | Opini Publik |
44 | Multimedia Design |
45 | Penulisan Jurnal Penelitian |
46 | Skripsi |
47 | Corporate Social Responsibility (CSR) |
48 | Teknik Penulisan Karya Ilmiah Ilmu Komunikasi |
49 | Produksi Program Televisi |
50 | Technopreneurship dan Industri Kreatif |
51 | Event Organizer |
Peminatan : Desain Komunikasi Visual
Beban Studi : 146 sks
Masa Studi : 3,5 tahun (7 Semester)
Gelar : Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)
No |
Mata Kuliah |
---|---|
1 |
Human And Computer Interaction |
2 |
Pengantar Ilmu Komunikasi |
3 |
Pengantar Jurnalistik |
4 |
Pengantar Periklanan |
5 |
Pengantar Penyiaran |
6 |
Komputer Grafis I |
7 |
Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan |
8 |
Western And Eastern Art Review |
9 |
Pengantar Desain Komunikasi Visual |
10 |
Sejarah Komunikasi Desain Visual |
11 |
Pengantar Hubungan Masyarakat |
12 |
Topografi |
13 |
Psikologi Komunikasi |
14 |
Character Building |
15 |
Strategi Komunikasi |
16 |
Creative Writing |
17 |
Pendidikan Agama |
18 |
Teori Komunikasi |
19 |
Desain Grafis (Praktek) |
20 |
Filsafat Komunikasi |
21 |
Teknik Menulis Berita |
22 |
Event Organizer |
23 |
Sosiologi Komunikasi |
24 |
Bahasa Indonesia |
25 |
Etika Penyiaran Indonesia |
26 |
Komunikasi Massa |
27 |
Komunikasi Budaya |
28 |
Hubungan Media |
29 |
Public Speaking And Presentation |
30 |
Business Communication |
31 |
Komunikasi Pemasaran Terpadu |
32 |
Fotografi |
33 |
Visual Storytelling |
34 |
Audio Visual |
35 |
Fotografi Desain |
36 |
Komunikasi Periklanan |
37 |
Komunikasi Visual Periklanan |
38 |
Desain Produk |
39 |
Metode Penelitian |
40 |
Videografi |
41 |
Metode Penelitian Komunikasi |
42 |
Jurnalistik Televisi |
43 |
Komunikasi Organisasi |
44 |
Opini Publik |
45 |
Multimedia |
46 |
Creative PR And Publicity |
47 |
Creative Enterprenurship |
48 |
Produksi Program Televisi |
49 |
Media Literacy |
50 |
Corporate Social Responsibility |
51 |
Technopreneurship Dan Industri Kreatif |
52 |
Projek Tugas Akhir |
53 |
Publikasi Projek Tugas Akhir |