Ilmu Komunikasi

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Putera Batam telah terakreditasi "B" sesuai dengan Keputusan Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi Nomor 6069/SK/BAN-PT/Ak.PEPS/S/IX/2022

Tujuan Pendidikan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dan terampil dalam bidang ilmu komunikasi dengan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan tren komunikasi.
  2. Mendorong dan menghasilkan penelitian inovatif di bidang Public Relations, Media, dan Desain Komunikasi Visual yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, industri, dan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya pengabdian masyarakat yang relevan dan berdampak positif, yang memanfaatkan keahlian di bidang Public Relations, Media, dan Desain Komunikasi Visual untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah komunikasi di masyarakat.
  4. Membangun dan memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk industri, pemerintah, dan lembaga akademik lainnya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan akseptabilitas lulusan Ilmu Komunikasi

Visi
Menjadi salah satu Program Studi Ilmu Komunikasi terkemuka di Provinsi Kepulauan Riau dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa dengan nilai kemandirian dan profesional di tahun 2028.

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut, dalam  proses penyelenggaran program studi telah ditetapkan misi sebagai berikut:  
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi berbasis teknologi informasi dan  komunikasi untuk menghasilkan sarjana Ilmu Komunikasi yang mandiri dan profesional dalam memecahkan masalah sosial dalam masyarakat.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu komunikasi guna mendorong penciptaan kesejahteraan masyarakat sebagai wujud sumbangsih bagi bangsa dan negara.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengembangan kompetensi diri mahasiswa dalam menghadapi persaingan profesionalisme di era globalisasi. 
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan  institusi dan perguruan tinggi lain untuk meningkatkan daya saing global.

Kompetensi Lulusan

  • Mampu menganalisis masalah komunikasi dengan pendekatan kritis dan solusi kreatif yang berdasarkan penelitian dan data serta beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi dan tren di bidang ilmu komunikasi, serta memanfaatkan inovasi untuk pengembangan strategi komunikasi.
  • Mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang Public Relations, Media, dan Desain Komunikasi Visual yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan serta menghasilkan karya ilmiah dan inovatif yang dapat diaplikasikan untuk memecahkan masalah-masalah komunikasi di masyarakat.
  • Memiliki kemampuan untuk berkontribusi secara aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggunakan keahlian di bidang Public Relations, Media, dan Desain Komunikasi Visual dengan memberikan solusi komunikasi yang efektif untuk masalah-masalah sosial.
  • Memiliki keterampilan interpersonal dan komunikasi yang baik untuk bekerja secara efektif dalam tim multidisiplin dan lingkungan multicultural serta mampu membangun dan memelihara jaringan profesional dengan berbagai pihak

Prospek Karier

Profile Lulusan
Job tittle / Prospek Karir
Praktisi Komunikasi
  1. Journalist / Reporter
  2. Public Relation Perusahaan/ Pemerintah
  3. Producer Program Television
  4. Graphic/Branding Designer
  5. Advertising Designer
  6. UI/UX Desainer
  7. Photo and Video Editor
  8. Creative/Art Director
Konsultan komunikasi
  1. Public Relation Consultant
  2. Marketing Communication Consultant
  3. Brand Communication Consultant
  4. Design Product Consultant
  5. Media Consultant
  6. Social Media Specialist
Enterpreneur komunikasi
  1. Public Speaker / Master of Ceremony
  2. Copywriter Dan Copyediting
  3. Photographer
  4. Videographer
  5. Content Creator
  6. Advertising Agency
  7. Event Organizer

Peminatan : Public Relations dan Broadcasting

Beban Studi : 146 sks
Masa Studi   : 3,5 tahun (7 Semester)
Gelar            : Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)

Distribusi Mata Kuliah Public Relations dan Broadcasting
No
Mata Kuliah
1 Pengantar Sosiologi
2 Pengantar Teknologi Informasi
3 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
4 Pengantar Manajemen
5 Komputer Aplikasi
6 Pengantar Antropologi
7 Pengantar Jurnalistik
8 Pengantar Ilmu Komunikasi
9 Komunikasi Bisnis
10 Bahasa Indonesia
11 Psikologi Komunikasi
12 Pengantar Ilmu Politik
13 Pengantar Hubungan Masyarakat
14 Pengantar Periklanan
15 TOEIC Preparation
16 Pendidikan Agama
17 Statistik Deskriptif
18 Sosiologi Komunikasi
19 Teori Komunikasi
20 Jurnalistik Media Cetak
21 Komunikasi Politik
22 Desain Grafis
23 Teknik Menulis Berita
24 Manajemen Hubungan Masyarakat
25 Statistik Probabilitas
26 Protokoler dan MC
27 Komunikasi Lintas Budaya
28 Public Speaking and Presentations
29 Komunikasi Massa
30 TOEFL Preparation
31 Metodologi Penelitian
32 Filsafat Komunikasi
33 Komunikasi Periklanan
34 Komunikasi Pembangunan
35 Audio Visual
36 Jurnalistik Online
37 Fotografi
38 Komunikasi Pemasaran Terpadu
39 Hubungan Media
40 Jurnalistik Televisi
41 Komunikasi Organisasi
42 Metode Penelitian Komunikasi
43 Opini Publik
44 Multimedia Design
45 Penulisan Jurnal Penelitian
46 Skripsi
47 Corporate Social Responsibility (CSR)
48 Teknik Penulisan Karya Ilmiah Ilmu Komunikasi
49 Produksi Program Televisi
50 Technopreneurship dan Industri Kreatif
51 Event Organizer

Peminatan : Desain Komunikasi Visual

Beban Studi : 146 sks
Masa Studi   : 3,5 tahun (7 Semester)
Gelar            : Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.)

Distribusi Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual
No
Mata Kuliah
1
Human And Computer Interaction
2
Pengantar Ilmu Komunikasi
3
Pengantar Jurnalistik
4
Pengantar Periklanan
5
Pengantar Penyiaran
6
Komputer Grafis I
7
Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
8
Western And Eastern Art Review
9
Pengantar Desain Komunikasi Visual
10
Sejarah Komunikasi Desain Visual
11
Pengantar Hubungan Masyarakat
12
Topografi
13
Psikologi Komunikasi
14
Character Building
15
Strategi Komunikasi
16
Creative Writing
17
Pendidikan Agama
18
Teori Komunikasi
19
Desain Grafis (Praktek)
20
Filsafat Komunikasi
21
Teknik Menulis Berita
22
Event Organizer
23
Sosiologi Komunikasi
24
Bahasa Indonesia
25
Etika Penyiaran Indonesia
26
Komunikasi Massa
27
Komunikasi Budaya
28
Hubungan Media
29
Public Speaking And Presentation
30
Business Communication
31
Komunikasi Pemasaran Terpadu
32
Fotografi
33
Visual Storytelling
34
Audio Visual
35
Fotografi Desain
36
Komunikasi Periklanan
37
Komunikasi Visual Periklanan
38
Desain Produk
39
Metode Penelitian
40
Videografi
41
Metode Penelitian Komunikasi
42
Jurnalistik Televisi
43
Komunikasi Organisasi
44
Opini Publik
45
Multimedia
46
Creative PR And Publicity
47
Creative Enterprenurship
48
Produksi Program Televisi
49
Media Literacy
50
Corporate Social Responsibility
51
Technopreneurship Dan Industri Kreatif
52
Projek Tugas Akhir
53
Publikasi Projek Tugas Akhir

Kerja Sama