Ingin Sukses Bisnis, Kuasai Data Science
[Tanggal Kegiatan : 12/12/2020] |
Sabtu (12/12/2020) Program Studi Sistem Informasi
mengadakan Seminar Nasional tentang dengan tema Pemanfaatan Data Science untuk
memdukung Kebutuhan Bisnis. Adapun tujuan dari seminar diantaranya agar membuka
wawasan akan konsep dan Data Sciene
serta Inovasi data dalam bidang Bisnis serta peluang dalam perspektf bisnis. Memperkenalkan
Ilmu data sciene dan karir di bidang data sciene. Sebagai wadah baik perguruan
tinggi untuk transfer ilmu dan menjalin networking dalam rangka pengembangan
ilmu bagi peserta. Serta untuk menindak lanjuti MoU Universitas Putera Batam
dengan Universitas Telkom dan MoU dan juga Universitas Ciputra Surabaya.
Adi Suryaputra Paramita M,Kom menuturkan tentang data
proses Data science, langkah pertama obtain, mengumpulkan data dari sumbernya
relevan. Berikutnya melakukan Scrub, membersihkan data untuk sesuai dengan format
agar mesin data bisa mengenalinya. Explore, mencari pola bentuk yang signifikan
dan trends menggunakan metode statistical. Membuat Model, membuat model untuk
membuat prediksi. Interpret, mengambil hasil untuk dapat di manfaatkan dalam
ambil keputusan. Perlunya domain knowlegde tidak hanya disiplin ilmu statistik
dan pemrogaman saja agar bisa sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Bapak Tukino S.Kom., M.SI menjelaskan tentang
penerapan data science di beragam industri sektor finansial bisa dimanfaatkan
untuk melakukan menajemen resikon untuk mencegah kridit macet, mendeteksi
lpotensi Froud, menekan tingkat Customer Churn. Di bidan retail bisa digunakan
untuk menghasilkan prediksi untuk meningkatkan penjualan, mehasilkan trend
forecating, melakukan segmentasi konsumen, melakukan optimalisasi rute dan
armada. Sedangkan di bidang sektor media dapat di manfaatkan visualisasi data
serta story telling, dapat juga menghasilkan analisa sentimen positif dan
negatif untuk berita.
Dr. Oktariani Nurul
Pratiwi, S.Kom., M.T. manjelaskan
tentang Sentiment analysis dimana dapat digunakan untuk mengolah data data yg
diambil dari sosial media, seperti brand Burker King untuk mendapatkan feed
back dari konsumen. Terkadang feedback tidak jujur, akan lebih jujur jika data
di ambil dari komenter di facebook atau sodial media yang lain. Sebagai contoh Twitter
Sentiment di bidang penerbangan, atau contoh pro dan kontra di LG dan panasonic
dengan bintang. Akan mendapatkan keuntungan jika kita mengaunakan sentiment
analysis yakni: umpan balik yang jujur, dapat dari berbagai platform, menjaga
reputasi sebelum viral negatif agar bisa langsung di tanggapi, dapat wawasan
insight pasar, mendapatkan hasil yang real time. Menurut beliau mereferensikan
untuk lebih belajar Python karena lebih mudah dipelajari dan cepat dalam
memprosesnya, namun tidak menutup kemungkinan bahasa lain.