Program Studi Ilmu Komunikasi
[Tanggal Kegiatan : 05/10/2020] |
Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan bidang studi yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni. Ilmu komunikasi berhubungan erat dengan masalah fundamental dari hubungan antara manusia dengan sesamanya dalam bermasyarakat. Program Studi Ilmu Komunikasi di Universitas Putera Batam telah terakreditasi "B" sesuai dengan Keputusan Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi Nomor 3459/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017.
Tujuan Pendidikan
- Menghasilkan lulusan dengan kualifikasi sarjana strata satu yang terampil di bidang Ilmu Komunikasi khususnya di bidang Public Relations.
- Menghasilkan karya penelitian di bidang ilmu komunikasi dan media yang berdaya guna bagi akademik dan masyarakat umum.
- Menghasilkan karya pengabdian masyarakat di bidang ilmu komunikasi sebagai aktualisasi ilmu.
- Menghasilkan jalinan kerja sama dengan berbagai pihak yang relevan untuk meningkatkan kerja lembaga dan akseptabilitas lulusan.
Beberapa Mata Kuliah yang dipelajarai di Prodi Ilmu Komunikasi yang bisa menunjang karir:
- Pengantar Jurnalistik, mempelajari pengetahuan dan keterampilan pengumpulan bahan berita (peliputan), pelaporan peristiwa (reporting), penulisan berita (writing), penyuntingan naskah berita (editing), dan penyajian atau penyebarluasan berita (publishing/broadcasting) melalui media.
- Komunikasi Bisnis, mempelajari pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan suatu bisnis atau perusahaan. Komunikasi ini bisa diartikan sebagai suatu komunikasi yang dilakukan secara verbal maupun non verbal. Dimana dalam komunikasi ini berisi pendapat, ide, gagasan, maupun informasi. Komunikasi ini dapat dilakukan secara personal maupun impersonal.
- Psikologi Komunikasi, mempelajari pengetahuan dan keterampilan usaha untuk memprediksi, menguraikan, dan mengendalikan peristiwa mental dan behaviorial dalam komunikasi.
- Komunikasi Massa, mempelajari pengetahuan dan keterampilan proses di mana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik).
- Komunikasi Periklanan, mempelajari pengetahuan dan keterampilan penyampaian pesan penawaran mengenai suatu produk, jasa atau ide kepada khayalak (konsumen) melalui media massa dan media lainnya yang dibayar untuk mempengaruhi khayalak sehingga menggunakan produk, jasa atau ide yang ditawarkan.
- Hubungan Masyarakat, mempelajari pengetahuan dan keterampilan praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat.
- Manajemen Humas, mempelajari pengetahuan dan keterampilan proses penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi.
- Opini Publik, mempelajari proses yang menggabungkan pikiran, perasaan dan usul yang diungkapkan oleh warga Negara secara pribadi terhadap pilihan kebijakan pemerintah yang bertanggungjawab atas dicapainya ketertiban sosial dalam situasi yang mengandung konflik perbantahan dan perselisihan pandapat tentang apa yang akan dilakukan dan bagaimana melakukannya.
- Produksi Program Telivisi, mempelajari proses produksi dan tata cara penyiaran seperti seni broadcasting dan film.
- Tecnopreneurship dan Industri Kreatif, mempelajari inkubator bisnis berbasis teknologi, yang memiliki wawasan untuk menumbuh-kembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda.