Tips Belajar dan Bekerja dari Rumah
[Tanggal Kegiatan : 30/03/2020] |
1. Tentukan waktu untuk bekerja dan belajar
Pengaturan waktu menjadi hal esensial untuk meningkatkan
produktivitas. Bukan berarti bekerja dari rumah bikin kamu melakukan pekerjaan
sesuka hati. Tetaplah bangun pagi. Atur jam kerja atau belajar dan patuhi waktu
tersebut untuk fokus melakukan pekerjaan. Misalnya, membagi waktu bekerja
selama 90 menit kemudian selingi dengan istirahat 10-15 menit. Jangan lupakan
waktu untuk makan siang. Waktu istirahat ini penting untuk merelaksasi pikiran
dan membuatmu kembali fokus.
2. Atur pekerjaan dari yang
paling mendesak
Agar tidak tergesa-gesa dalam melakukan pekerjaan,
sebaiknya kamu planning terlebih dahulu apa saja yang harus
dikerjakan. Dari situ, kamu bisa memilih mana pekerjaan mendesak yang harus
segera didahulukan dan mana pekerjaan yang bisa kamu lakukan nanti. Tips satu
ini akan membuatmu lebih tertata dalam melakukan pekerjaan sehingga tidak akan
merasa tertekan karena dikejar-kejar deadline.
3. Ciptakan ruang kerja atau belajar yang
kondusif
penting untuk menciptakan suasana bekerja yang kondusif.
Pilih ruangan yang tenang, tutup pintu untuk menghindari potensi gangguan agar
kamu tetap fokus. Kalau bisa, hindari bekerja di tempat tidur karena ini malah
bikin kamu terlalu nyaman hingga kurang serius dalam bekerja, bahkan mengantuk.
4. Tetap jalin komunikasi
Bekerja atau belajar dari rumah bukan berarti kamu harus
menyelesaikan semuanya sendiri. Jangan ragu untuk berdiskusi bila memang kamu
membutuhkannya. Atur waktu yang pas dan pilih media komunikasi yang tepat, baik
itu hanya melalui email, telepon, atau bahkan melakukan video call.
Hal ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman saat kamu mengerjakan tugas.
5. Disiplin dalam menerapkan
aturan yang kamu buat
Meskipun kamu sudah memiliki planning bekerja yang
baik, bila tidak disiplin menerapkannya, ya percuma. Untuk memacu dirimu
sendiri agar menaati aturan, kamu bisa menerapkan reward dan punishment.
6. Hindari hal-hal yang bisa
membuat fokus teralihkan
Matikan notifikasi media sosial dan jauhi hal-hal kecil yang
bisa bikin fokusmu teralihkan. Meskipun kesannya sepele, hal kecil ini bisa
membuat fokus berkurang sehingga kamu bekerja lebih lambat. Hasilnya, kamu
merasa pekerjaan tak kunjung selesai. Jadi, pastikan untuk menepati waktu
bekerja yang sudah kamu tentukan
Sumber :
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200319165100-277-485059/cara-meningkatkan-produktivitas-saat-work-from-home
https://www.idntimes.com/life/career/ulfa-luthfia-hidayatty/tips-produktif-saat-bekerja-dan-belajar-dari-rumah/full