Penerapan dan Manfaat Augmented Reality (AR)

[Tanggal Kegiatan : 10/03/2020]

Salah satu mahasiswa Universitas Putera Batam Fakultas Teknik dan Komputer Prodi Teknik Informatika yang bernama Ahmad Zikri NPM 160210203 Berhasil menciptakan karya terbarunya dalam bidang AR (Augmented Reality). Mahasiswa yang akrab dipanggil Zikri ini mengangkat Judul Penelitian ‘’Penerapan aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai media pemasaran penjualan mobil berbasis android’’ sebagai penelitiannya untuk tugas akhir/skripsi.

APA SIH ITU AR ?

Augmented Reality atau disingkat AR merupakan sebuah inovasi dan terobosan dibidang multimedia dan image processing yang saat ini berkembang. teknologi ini mampu merubah benda yang sebelumnya datar atau 2d, seolah-olah menjadi asli atau nyata, bersatu dalam lingkungan disekitarnya. Teknologi AR dalam penggunaannya menepatkan user ke dalam lingkup virtual sehingga user merasakan sensasi masuk kedalam lingkungan aplikasi. AR memiliki kelebihan bersifat interaktif dan real time sehingga mampu di implementasikan di berbagai bidang. Pemanfaatan Teknologi AR ini sebagai salah satu cara baru untuk meningkatkan produktifitas, efektifitas, efisiensi dan meningkatkan kualitas informasi sebagai media promosi yang praktis.

KELEBIHAN BROSUR AR?

Dengan memanfaatkan teknologi AR, informasi pada brosur yang biasa digunakan untuk memberikan informasi kepada pembaca dapat ditambahkan dalam bentuk informasi digital dalam bentuk objek 3D, video dan suara yang dapat ditampilkan secara digital dengan bantuan smartphone android dan menjadikan brosur sebagai marker.

SEKTOR INDUSTRI APA SAJA YANG BISA DI APLIKASIKAN KE DALAM BENTUK AR DALAM PENGEMBANGAN NYA?

  1. Medis
  2. Manufaktur
  3. Robotika
  4. Otomotif
  5. Entertaiment
  6. Edukasi

MANFAAT AUGMENTED REALITY (AR)

  1. Pemanfaatan teknologi AR sebagai media promosi dapat membantu meningkatkan kuliatas promosi itu sendiri.
  2. Dengan mengunakan Teknologi AR kedalam Brosur maka bentuk brosur menjadi lebih simple dan menarik serta tidak memakan banyak ruang informasi pada brosur

Kerja Sama