Studium Generale : Strategi Bersaing Dengan 3CA’s


Sivitas Akademika Universitas Putera Batam pada hari Sabtu, tanggal 12 Januari 2013 menyelenggarakan Studium Generale dengan tema “Strategi Bersaing Dengan 3CA’S untuk  mewujudkan keunggulan posisional Indonesia pada pasar ASEAN / Global”. Studium Generale tersebut dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa Universitas Putera Batam dengan narasumber Prof. Dr. Ir. H. Hapzi Ali, MM dari Universitas Batanghari Jambi.

Menurut Prof. Dr. Ir. H. Hapzi Ali, MM , Negara Indonesia adalah Negara terbesar di antara Negara-negara ASEAN dan kaya akan Sumber Daya Alam tetapi rakyatnya masih banyak yang miskin dan Negara lain kurang memperhitungkan Indonesia dikancah Internasional.

 Sekiranya Indonesia di tempatkan di Afrika : Sabang  berada di Kota Rabbat Maroko  Merauke  berada di Jeddah Arab Saudi. (tertutup sebagian besar Afrika utara, laut merah dan afrika selatan). Pertanyaannya, kenapa Indonesia tidak memiliki peran yang besar dibidang : Ekonomi,  Sosial Budaya, Politik, ujar Prof. Hapzi. Jawabnya, kita tidak memiliki Produk  (barang  & jasa ) yang unggul secara posisional (positional advantage).

Prof. Dr. Ir. H. Hapzi Ali, MM mengajak peserta Studium Generale untuk melihat fakta, banyak Negara yang kaya tidak bisa menjamin Bangsa dan rakyatnya sejahtera, hanya Bangsa yg memiliki produk kreatif  unggul yang mensejahterakan Bangsanya. Singapura dengan Brand mark, Uniquely Singapore, Malaysia dengan Brand mark, Malaysia Truly Asia, bagaimana dengan Indonesia ?  ujar Prof. Dr. Ir. H. Hapzi Ali, MM dengan semangat.

Menurut Prof. Dr. Ir. H. Hapzi Ali, MM ada tiga strategi yang harus dilakukan oleh pemerintah atau dunia usaha Indonesia agar mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia yaitu ; Comparative Strategy, Competitive Strategy, danCooperative Strategy.

Peserta Studium Generale tidak beranjak dari tempat duduknya untuk mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber dengan Moderator Drs. Zakrimal, M.SI. Pada sesi tanya jawab, terjadi dialog yang kondusif dan membangun. (SW).

Kerja Sama