Concern Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Prodi Administrasi Negara UPB Edukasi Mahasiswa Dengan Selenggarakan Seminar Nasional
[Tanggal Kegiatan : 12/01/2019] |
Sabtu,
(12/01/2019), Program Studi Administrasi Negara Universitas Putera Batam
menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Membangun Sistem Pelayanan Publik
yang Berorientasi pada Agenda Reformasi Birokrasi” di ruang Aula Gedung W
Kampus Universitas Putera Batam. Seminar ini mengelaborasi konsep pelayanan
publik dan agenda reformasi birokrasi. Irsan Hidayat selaku narasumber yang
mewakili Ketua Ombudsman Republik Indonesia yang berhalangan hadir mengatakan
bahwa pelayanan publik merupakan hak dasar yang dimiliki oleh setiap warga
negara dan untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas diperlukan
komitmen yang tinggi dari aparatur negara sebagai pihak penyelenggara pelayanan
publik. Sebagus apa pun sistem yang dibangun apabila komitmen dari aparatur
negara sebagai penyelenggara pelayanan rendah maka pelayanan publik yang
berkualitas tidak akan pernah terwujud.
Ombudsman Republik Indonesia hadir sesuai
dengan amanat UU No. 37 tahun 2008 tentang Ombudsman untuk mengawasi
penyelenggaraan pelayanan publik agar pelayanan publik yang diberikan sesuai
dengan amanat UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan atau sesuai dengan
standar operasional yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pelayanan. Narasumber
ke-dua M. Sahir selaku Kepala Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya
Manusia Kota Batam mengatakan bahwa Pemerintah Kota Batam dengan segala
kemampuannya telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota
Batam. Hal ini dibuktikan oleh berbagai kebijakan-kebijakan yang telah
dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan seperti membuat Mal Pelayanan
Publik, Pelayanan Elektronik, dan menindak tegas apabila ditemukan adanya
aparatur yang terbukti melakukan mal administrasi. M. Sahir juga meminta masyarakat
apabila menjadi korban mal administrasi agar melaporkan langsung kepadanya atau
melaporkan langsung kepada bapak walikota sembari membagikan nomor telepon
genggam kepada peserta seminar.
Karol Teovani Lodan selaku pengamat pelayanan
publik sekaligus dosen Administrasi Negara Universitas Putera Batam mengatakan
bahwa untuk mewujudkan pelayanan publik
yang berkualitas dan sejalan dengan agenda Reformasi Birokrasi selain
dibutuhkannya komitmen yang tinggi dari para aparatur, peran serta masyarakat
dan Ombudsman dalam melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik, dibutuhkan
juga inovasi dalam pelayanan. Inovasi ini merupakan sesuatu hal yang sangat
diperlukan mengingat tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik
sangat dinamis. Inovasi membutuhkan konsep, gagasan dan teknologi informasi
yang dituangkan dalam kebijakan. Setelah semua narasumber selesai menyampaikan
materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator Timbul
Dompak dan diakhiri dengan foto Bersama. Peserta seminar yang terdiri dari
mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Putera Batam dan mahasiswa
dari berbagai Universitas di Malaysia tampak puas setelah seminar berakhir
(B25).