Program Studi Manajemen Universitas Putera Batam Menyelenggarakan Seminar Sumber Daya Manusia


Program Studi Manajemen Universitas Putera Batam Menyelenggarakan Seminar Sumber Daya Manusia pada hari Sabtu tanggal 18 Februari 2017 yang diselenggarakan di Aula Gedung Y Kampus Tembesi Universitas Putera Batam. Acara seminar ini di pandu oleh MC sekaligus sebagai Moderator Bapak Suali, S.E., M.M.

Pembicara Pertama dalam seminar ini adalah bapak Daris Purba, S.E.I., M.S.I selaku dosen Program Studi Manajemen dengan materi kualitas SDM Perbankan. Bapak Daris Purba, S.E.I., M.S.I menyampaikan bahwa Indonesia perlu menyiapkan SDM perbankan yang berkualitas untuk menghadapi rencana integrasi perbankan kawasan ASEAN tahun 2020. Integrasi perbankan ASEAN menuntut SDM dalam negeri untuk dapat bersaing dengan SDM luar negeri. Negara yang siap melakukan integrasi tentu akan memperoleh keuntungan dari kelancaran sistem perbankan syariah menuntut knowledge, skill, and ability yang lebih dari perbankan SDM konvensional. SDM syariah disamping dituntut untuk menguasai segala kompetensi konvesional juga dituntut untuk menguasai syariah.  Demikian sebaliknya, SDM konvensional seharusnya mengerti pula sistem perbankan syariah sehingga siap dalam menghadapi berbagai macam kebutuhan transaksi nasabah. Terlepas dari itu semua, hal yang paling penting bagi SDM perbankan adalah pelayanan dan kejujuran. Karena itu, SDM perbankan perlu juga mendapatkan pelatihan karakter sebagai hal yang tak kalah pentingnya dari pelatihan teknis.

Pembicara Kedua adalah Bapak Jontro Simanjuntak, S.Pt., S.E., M.M. selaku Kaprodi Manajemen Universitas Putera Batam yang menyampaikan bahwa perbankan merupakan industri yang berbasiskan pada pelayanan sehingga SDM perbankan haruslah memiliki mental melayani. Saat bekerja SDM perbankan dituntut untuk memberikan full service atau pelayanan prima, sehingga selalu menjaga raut wajah ceria dan senyum, menanggapi complain dengan sabar, dan yang terpenting bekerja dengan baik dan benar. Kemajuan sebuah perbankan ditunjang dari unsur pelayanan. Semakin baik pelayanan sebuah bank maka semakin maju bank tersebut. Dalam hal manajemen SDM, setiap bank biasanya memberikan pelatihan regular kepada seluruh karyawannya untuk menjaga dan menambah pengetahuan, kemampuan, dan skill. Selain pelatihan, karyawan juga diberikan kegiatan gathering meminimalisir stres dan menjaga kekompakan team work. Pada intinya, perbankan menganggap bahwa SDM adalah asset yang sangat berharga, karena SDM adalah ujung tombak dari pelayanan yang ditawarkan dunia perbankan. (JTR)

Kerja Sama