Tips Membagi Waktu Kuliah dan Organisasi
[Tanggal Kegiatan : 29/03/2023] |
Menjadi mahasiswa masa kini tidak bisa
hanya sekedar kuliah saja. Tetapi, mahasiswa juga harus ikut organisasi di
kampus. Ada banyak manfaat ikut organisasi mahasiswa di kampus. Salah satunya
bisa menambah pengetahuan, sehingga pemikiranmu menjadi lebih luas. Organisasi
mampu mengembangkan diri kamu dengan cara yang lebih bebas dan luas. Tentunya
mahasiswa yang mengikuti suatu organisasi akan berbeda dengan mahasiswa yang
hanya belajar di kelas saja. Organisasi dapat melatih kedisiplinan, keberanian
dan mengembangkan kemampuan. Setiap anggota organisasi memiliki peranannya
masing-masing sesuai dengan job desk yang dimiliki.
Tentunya, kamu harus bisa mengatur waktu
ketika ikut suatu organisasi. Atau jangan sampai jadwal kuliahmu terganggu
dengan mengikuti organisasi. Bagi kamu masih bingung dalam membagi waktu antara
kuliah dan berorganisasi. Maka dari itu kamu perlu tips dalam membagi waktu
dengan baik. Melansir laman Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (Instiki),
ada beberapa tips yang bisa dicoba mahasiswa. Jika kamu bisa membagi waktu
antara kuliah dan berorganisasi, maka kamu pasti menjadi mahasiswa yang
berkualitas.
Tips membagi waktu kuliah dan organisasi
1. Menyusun jadwal
Hal pertama yang
bisa kamu lakukan adalah menyusun jadwal. Hal ini penting dilakukan untuk
membuat dan merinci kegiatan yang dilakukan selama berkuliah. Kamu bisa
menyusun jadwal kegiatanmu di buku agenda, sticky note, maupun di kalender.
Jika sudah terjadwal, maka semua bisa lancar.
2. Buat to-do-list
Kamu perlu membuat
to-do-list, ini penting dilakukan untuk mengingatkanmu apa saja yang bisa
dikerjakan terlebih dahulu. Dengan membuat to-do-list maka dipastikan jadwal
kamu akan lebih teratur dan dapat terselesaikan dengan baik satu per satu, baik
itu tugas kuliah maupun tugas organisasi.
3. Tentukan skala prioritas
Kamu bisa menunda
terlebih dahulu kegiatan yang tidak penting dan tidak mendesak. Sebaliknya,
kamu harus memprioritaskan kegiatan yang penting dan mendesak. Tapi, kamu harus
memprioritaskan kuliah dulu daripada kegiatan organisasi. Karena tujuan kamu
kuliah untuk mendapatkan ilmu.
4. Harus dikerjakan di awal
Jika kamu suka
menunda-nunda pekerjaan, maka sekarang harus dihindari. Tentu agar tidak
menumpuk dan justru membuat kamu pusing. Maka dari itu, kamu harus segera
mengerjakan tugas kuliah usai diberi tugas oleh dosen. Serta segera mengerjakan
tugas organisasi usai rapat organisasi.
Kamu harus
mematuhi jadwal dan to-do-list yang sudah kamu buat. Jika kamu terbiasa untuk
menjadi displin, maka kamu juga akan bisa terbiasa untuk membagi waktu antara
kuliah dan berorganisasi. Intinya,
jika kamu bisa membagi waktu antara kuliah dan organisasi, maka semua bisa
berjalan dengan lancar dan beriringan.
Sumber : www.kompas.com