Tips Sukses Manajemen Waktu bagi Mahasiswa

[Tanggal Kegiatan : 07/02/2022]

Menjadi mahasiswa, maka harus belajar untuk lebih dewasa. Tak hanya dalam berpikir kritis, tetapi juga harus bisa mengatur waktu untuk kesehariannya. Terlebih bagi mahasiswa yang tinggal di kos atau jauh dari orang tua. Semua dilakukan sendiri dan secara mandiri. Hal paling penting adalah dapat melakukan manajemen waktu dengan baik. Berikut tips sukses manajemen waktu.

1. Susun daftar tugas yang harus dikerjakan

Manajemen waktu perlu adanya to do list yang ditulis sebelum tidur dan akan dilaksanakan ketika bangun tidur hingga tidur kembali. penetapan tujuan dan skala prioritas waktu dibagi menjadi 4 (empat), yaitu urgent terlebih dahulu dan penting, penting tetapi tidak urgent, urgent tetapi tidak penting, tidak penting dan tidak urgent. Jadi, mahasiswa harus bisa menentukan agenda suatu hal yang harus benar-benar dilakukan terlebih dahulu.

2. Berdasarkan tingkat produktivitas

Perencanaan daftar jadwal keseharian dapat dilakukan berdasarkan preferensi masing-masing, bisa disesuaikan dengan tingkat produktivitas. Mahasiswa harus bisa mengidentifikasi terlebih dahulu merupakan tipe early bird atau night owl. Early bird adalah seseorang yang merasa lebih produktif di pagi hari dan sudah merasa lelah ketika sudah memasuki sore hari. Sedangkan night owl adalah seseorang yang susah banget untuk bangun di pagi hari dan merasa lebih produktif ketika malam hari. Setelah mengidentifikasi maahsiswa bisa me-list tugas-tugas mana yang berat dan yang cukup ringan. Selanjutnya kita bisa mulai mengatur waktu. Kuncinya mahasiswa tidak boleh menghabiskan waktu dengan sia-sia, tetapi harus menginvestasikan ke hal-hal yang bermanfaat karena setiap detik itu berharga.
Sumber: www.kompas.com

Kerja Sama