Tips Sukses Manajemen Waktu bagi Mahasiswa
[Tanggal Kegiatan : 07/02/2022] |
Menjadi mahasiswa, maka harus
belajar untuk lebih dewasa. Tak hanya dalam berpikir kritis, tetapi juga harus
bisa mengatur waktu untuk kesehariannya. Terlebih bagi mahasiswa yang tinggal
di kos atau jauh dari orang tua. Semua dilakukan sendiri dan secara mandiri.
Hal paling penting adalah dapat melakukan manajemen waktu dengan baik. Berikut
tips sukses manajemen waktu.
1. Susun daftar tugas yang harus
dikerjakan
Manajemen waktu perlu adanya to do
list yang ditulis sebelum tidur dan akan dilaksanakan ketika bangun tidur
hingga tidur kembali. penetapan tujuan dan skala prioritas waktu dibagi menjadi
4 (empat), yaitu urgent terlebih dahulu dan penting, penting tetapi tidak
urgent, urgent tetapi tidak penting, tidak penting dan tidak urgent. Jadi, mahasiswa
harus bisa menentukan agenda suatu hal yang harus benar-benar dilakukan terlebih
dahulu.
2. Berdasarkan tingkat produktivitas
Perencanaan daftar jadwal keseharian
dapat dilakukan berdasarkan preferensi masing-masing, bisa disesuaikan dengan tingkat
produktivitas. Mahasiswa harus bisa mengidentifikasi terlebih dahulu merupakan
tipe early bird atau night owl. Early bird adalah seseorang yang merasa lebih
produktif di pagi hari dan sudah merasa lelah ketika sudah memasuki sore hari.
Sedangkan night owl adalah seseorang yang susah banget untuk bangun di pagi
hari dan merasa lebih produktif ketika malam hari. Setelah mengidentifikasi maahsiswa
bisa me-list tugas-tugas mana yang berat dan yang cukup ringan. Selanjutnya
kita bisa mulai mengatur waktu. Kuncinya mahasiswa tidak boleh menghabiskan
waktu dengan sia-sia, tetapi harus menginvestasikan ke hal-hal yang bermanfaat
karena setiap detik itu berharga.
Sumber: www.kompas.com