Seminar Nasional Strategi Public Relation Dalam Membangun Citra dan Reputasi Perusahaan di Era New Normal
[Tanggal Kegiatan : 11/12/2021] |
Program Studi (Prodi) Ilmu
Komunikasi Universitas Putera Batam kembali melaksanakan seminar nasional
sebagai wujud komitmen untuk menciptakan lulusan yang berwawasan public
relation professional dalam membangun citra dan reputasi perusahaan. Kuliah
umum ini menyungsung tema “Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra dan
Reputasi Perusahaan Di Era New Normal” pada Sabtu, 11 Desember 2021.
Dalam sambutannya, Ketua Program
Studi Ilmu Komunikasi UPB Ibu Ageng Rara Cindoswari, S.P., M.Si menyampaikan “kegiatan
seminar nasional ini merupakan bentuk implementasi Kerjasama yang terjalin
antara universitas putera batam dengan universitas garut serta universitas esa
unggul, harapannya kegiatan ini dapat menjadi sarana dalam pengembangan suasana
akademik di ketiga universitas dan juga menjadi wadah dalam mengimplementasikan
kerjasama lainnya”.
Kuliah umum tersebut diisi oleh
Ibu Angel Purwanti S.Sos, M.I.Kom selaku pembicara dari Universitas Putra
Batam, serta diisi oleh juga pembicara profesional, Bapak Dr. Zikri Fachrul
Nurhadi, M.Si dari Universitas Garut dan Ibu Dr. Ayu Larasati, S.sos., M.I.Kom
dari Universitas Esa Unggul
Materi yang sampaikan pada kuliah
umum diawali dengan topik landscape isu public relations masa
kini yang disampaikan oleh ibu Dr. Ayu Larasati, S.sos., M.I.Kom. pada
kesempatan ini beliau membahas persoalan public relation berpusat pada
kompetensi dari public relation officer yang dituntut untuk pandai dalam
mengelola opini public. Materi selanjutnya adalah model riset public relation
di era new normal yang di sampaikan oleh Bapak Dr. Zikri Fachrul Nurhadi, M.Si.
pada sesi ini pembicara menyampaikan bahwa tema2 mengenai komunikasi kesehatan
yang juga berkaitan erat dengan fungsi public relation menjadi tren untuk
diteliti. Pada materi terakhir yang disampaikan oleh ibu Angel Purwanti S.Sos,
M.I.Kom yakni megenai peran PR digital dalam mebangun citra dan reputasi
perusahaan dimana pada paparannya beliau menyampaikan bahwa penggunaan media
sosial menjadi Langkah strategik dalam membranding perusahaan di era new
normal. Apabila Langkah ini dilakukan dengan terstruktur dan teragenda maka
reputasi baik perusahaan dapat terbentuk.
Pada akhir acara, sesi tanya
jawab yang disambut dengan semangat oleh peserta kuliah umum terkait pembahasan
“Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra dan Reputasi Perusahaan Di Era
New Normal” yang pada saat ini tengah ramai dibicarakan.
Semangat mahasiswa juga kentara pada akhir sesi
tersebut dengan mengajukan berbagai pertanyaan, berujung pada diskusi santai
antara mahasiswa dan narasumber. (ARCS)