Tips Bikin “To Do List” agar Lebih Produktif
[Tanggal Kegiatan : 27/09/2021] |
Ada banyak manfaat mengatur waktu saat
aktivitas harian padat. Tanpa manajemen waktu, aktivitas berpotensi molor dan
dapat memicu stres. Bahkan, bisa mengacaukan jadwal selanjutnya. Banyak riset
yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa time management salah satunya dengan
membuat to do list ini dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari. Berikut tips
membuat to do list agar lebih efektif:
1. Buat
To-do-list Harian Pada Malam Sebelumnya
Biasanya saat malam adalah saat
menceklist to do list di hari tersebut. Setelah melakukannya, bisa langsung
membuat to do list untuk hari esok. Membuat to do list seteleh mereview to do list
sebelumnya akan memudahkan mengurutkan prioritas jika ada tugas yang belum
diselesaikan di hari sebelumnya. Membuat to do list saat malam juga memberikan
waktu lebih luang untuk memikirkan apa-apa saja yang diprioritaskan dan harus
dikerjakan.
2. Mengurutkan Berdasarkan Prioritas
Sama halnya seperti membuat daftar
belanjaan, apa yang ditulis diawal lebih cenderung akan kita cari lebih dulu.
Begitupun untuk membuat to do list, sebaiknya menyusun berdasarkan urutan
prioritasnya. Tugas yang dianggap paling mendesak diurutkan pertama agar lebih
mudah diingat dan menjadi fokus.
3. Memberi Penjelasan Rinci di Setiap Tugas
Agar to do list benar-benar efektif,
buatlah penjelasan rinci di setiap list tugasnya. Misalkan tugas membuat
artikel, tulislah secara terperinci apa saja yang menjadi target seperti
‘menulis artikel dari pendahuluan sampai tinjauan pustaka’. Jangan hanya
membuat to do list dengan hanya menulis ‘Buat Artikel’ karena justru akan
membuat bingung dan tidak terarah yang justru akan membuang-buang waktu.
4. Metode 1-3-5
Metode 1-3-5 mungkin bisa dicontoh
agar to do list menjadi lebih efektif diterapkan. Metode ini bisa dilakukan
bagi yang cukup banyak agenda yang akan dikerjakan di hari tersebut. Maksud
metode ini adalah menetapkan satu prioritas pekerjaan yang dianggap paling
krusial/penting, lalu tiga tugas umum atau standar, dan lima tugas-tugas kecil.
5. Memperkirakan Waktu Penyelesaian Setiap Tugas
Agar efektif, tugas-tugas dalam to do
list harus sudah dipertimbangakn waktu pengerjaannya. Apakah bisa diselesaikan
dalam hari bersangkutan atau hanya berapa persennya saja. Jika melebihi waktu
harian, tentu harus ada tugas-tugas yang diprioritaskan atau mempertimbangkan
mengerjakannya sebagian dahulu.
Sumber: www.kompas.com